A. PENDAHULUAN

Perkembangan dunia internet telah mampu merambah hingga dunia bisnis. Saat ini dunia perdagangngan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangngan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan instan sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut maka kini muncul transaksi yang menggunakan media Internet untuk menghubungkan antara produsen dan konsumen. Transaksi melalui Internet ini lebih dikenal dengan nama E-Commerece dan E-Business. Internet marketing atau E-commerce sebenarnya sama saja dengan marketing pada umumnya. Yang membedakan adalah kita menggunakan internet untuk memasarkan produk. Misalnya, kita menjual produk dengan memakai website sebagai “toko” online kita. Kita bisa juga memasarkan lewat mailing list dan forum-forum di internet. Internet punya kelebihan terutama di segi modal awal dan biaya operasional yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan cara konvensional. Kelemahannya, orang lebih berhati-hati untuk membeli karena mereka hanya bisa melihat tampilan produk tanpa bisa “merasakannya” (mengetahui fisik aslinya). E-Business sendiri merupakan kegiatan bernisnis di Internet yang tidak saja pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (bail individual maupun instansi). Jadi dapat disimpulkan bahwa “e-commerce is a part of e-business”, karena kegiatan dari perdagangan merupkan bagian dari kegiatan bisnis.

E-commerce dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori utama:

1. B2B

Dalam B2B (Business-to-Business), perusahaan-perusahaan melakukan bisnis dengan satu sama lain seperti produsen dan distributor menjual ke grosir menjual ke pengecer. Harga didasarkan pada cakupan dan mengurutkan seringkali fleksibel. Menurut sebuah report dari E&Y Consulting, perkembangan kedua jenis eCommerceini dapat dilihat pada tabel berikut. Dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa perkembangan Business to Business lebih pesat daripada Business to Consumer. Itulah sebabnya banyak orang mulai bergerak di bidang Business-to-business.Jenis Transaksi 1997 2000

Business to Business $7 billion $327 billion

Business to Consumer $5 billion $70 billion

Keuntungan B2B :

a. Dapat menghemat biaya

b. Meningkatkan pendapatan

c. Mempercepat pengiriman

d. Mengurangi biaya administrasi

e. Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan

2. B2C

Dalam B2C (retail) pada saat ini menggunakan bermacam-macam pendekatan seperti misalnya dengan menggunakan “electronic shopping mall” atau menggunakan konsep “portal”.

3. C2B

C2B (Konsumen-ke-Bisnis), dimana perusahaan melakukan riset pasar dengan menetapkan anggaran online serta menganalisis konsumen dan persyaratan tawaran tentang transaksi tertentu.

4. C2C

C2C (Consumer-to-Consumer). Untuk ini, ada banyak situs yang menawarkan free classifieds, pelelangan, dan forum di mana individu dapat memperoleh dan menjual berkat sistem pembayaran online. Misalnya dari penjualan layanan eBay adalah grand contoh di mana orang-ke-orang transaksi sehari-hari berlangsung sejak 1995.

Dari rangkuman di atas, kita dapat mengetahui bahwa perkembangan internet telah mempengaruhi perjalanan perkembangan perdagangan. Media intrenet telah melahirkan perdagangan baru yang disebut dengan Internet Marketing (IM) atau Electronic-commerce (E-commerce). E-commerce sendiri merupakan bagian dari E-business. E-commerce juga memiliki macam atau jenis yang berragam, diantaranya adalah B2B, B2C, C2B, C2C, G2G, G2E, B2E, B2G, G2C, C2G, dan G2B. Selain itu dengan berkembangnya dunia internet terutama E-com menghasilkan perusahaan-perusahaan baru maupun lama yang berinovasi dan bersaing menciptakan software-software E-com yang lebih baik. Penyediaan software-software ini bertujuan untuk mempermudah pembuatan website sebagai sarana E-com. Adanya E-com telah memberikan dampak semakin berkurangnya kapasitas atau jaringan distribusi dari perdagangan yang dilakukan bila dibandingkan dengan cara biasa.

B. PENERAPAN

Berdasarkan analisa http://www.fastncheap.com tergolong dalam B2C karena transaksi ini menggunakan internet dimana transaksi ini termasuk penjualan dengan pembeli individu ,karakter yang paling singnifikan dari b2c adalah kemampuan

untuk menciptakan hubungan langsung dengan konsumen tanpa melibatkan medium (perantara) seperti distributor, pedagang grosir. Transaksi barang yang lansung dari produsen kepada konsumen tanpa melalui perantara. http://www.fastncheap.com melakukan mengiriman barang setelah konsumen menyelesaikan pembayaran,maka produsen akan mengirimkan barang yang dipesan konsumen.

Asal pendapatan perusahaan

Asal pendapatan perusahaan berasal dari hasil penjualan online yang terjadi setiap harinya. Pembayaran yang dilakukan dengan cara transfer

Kami melayani pembayaran melalui transfer rekening bank berikut ini :

BCA

Bank

: BCA Cab. Dupak Surabaya

Atas Nama

: EVITA SURYANI

No Rekening

: 556-006-7609

Mandiri

Bank

: Mandiri KCP Surabaya Bratang Binangun

Atas Nama

: EVITA SURYANI

No Rekening

: 142-000-490-8694

yang dapat dilakukan paling lambat 48 jam sejak pembuatan invoice.

Jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka invoice pembelian kami anggap batal dan secara otomatis terhapus dari database.

Catatan :

Jika terjadi keterlambatan / transfer Anda tertolak, maka kami berhak membatalkan transaksi secara sepihak.

Kami akan menginformasikan perubahan harga yang mungkin terjadi sewaktu waktu, dan Anda dapat membatalkan transaksi atau tetap melakukan pembelian dengan harga baru.

Sumber dan produk yang dijual

Produk yang dijual meliputi monitor, scaner, notebook, soundcard, mp3 dan lain-lain.

Mekanisme pembayaran

Kami dapat melakukan pengiriman barang pesanan ke seluruh wilayah di Indonesia dengan menggunakan jasa TIKI (TITIPAN KILAT) reguler.

Biaya pengiriman sudah termasuk dalam harga total yang tercantum di “Shopping Cart” Anda.

Selain itu Anda juga dapat menentukan waktu pengiriman di mana bila Anda membeli produk kami lebih dari satu, Anda dapat menentukan waktu pengiriman barang pesanan Anda secara bersama-sama (barang dikirim menunggu sampai semua barang pesanan tersedia) atau barang dikirim langsung setiap barang pesanan tersedia (Anda dikenai biaya tambahan)

Kami tidak bertanggung jawab terhadap resiko pengiriman dalam perjalanan

Bila barang yang yang dipesan adalah barang berat dan rawan pecah seperti monitor,PC,Digital Camera, Notebook dll Anda bisa tambahkan packing kayu. Mengenai tarif packing kayu bisa ditanyakan melalui email cs@fastncheap.com atau ICQ : 149832369.

Order atau paket yang diterima harap di buka di depan kurir expedisi.

Bila barang atau paket yang diterima mengalami penyok atau pecah,anda harus mengajukan claim yang ditujukan kepada PENGANGKUT di kota anda supaya PENGANGKUT di kota anda membuat berita acara. Proses pembuatan berita acara harus ditanda tangani oleh PENERIMA & PENGANGKUT dan menginformasikan kepada kami tentang hal ini kepada fastncheap melalui email cs@fastncheap.com.

Mekanisme pembelian barang

Service center

Kami hanya melayani pengembalian dan penukaran barang jika barang pesanan yang Anda terima mengalami kerusakan atau tidak lengkap.

Jika terjadi kerusakan selama masa garansi, Anda dapat menerima layanan perbaikan gratis dari kami (penggantian komponen menjadi tanggung jawab Anda).

Sebelum Anda mengembalikan atau menukar barang yang rusak, silahkan menghubungi kami via e-mail retur@fastncheap.com untuk memberikan penjelasan lengkap tentang data barang serta kerusakan yang terjadi.

Setelah itu kami akan memberikan nomor kode RMA yang harus Anda cantumkan saat pengiriman barang kembali. (Kami tidak melayani pengembalian barang yang tidak disertai kode RMA, dan kami menganggap tidak pernah menerima barang tersebut).

Untuk masa service yang berlangsung lebih dari 1 bulan, Fast&Cheap akan memberikan pinjaman produk sejenis (bisa berbeda tipe). Jika barang yang rusak lebih dari 3 bulan dan belum bisa diservice atau sudah discontinue, maka customer dapat mengganti produk tersebut dengan produk lain senilai barang tersebut (nilai barang diasumsikan harga barang yang terbaru yang berlaku saat itu).

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi kami via e-mail ke retur@fastncheap.com.

Tinggalkan komentar

Sedang Tren